#53 Mengenal atribut input pada html

Mengenal atribut input pada html

pada tutorial kali ini kita akan belajar mengenal beberapa atribut input pada html. setelah mengenal atribut kita akan mempelajarinya satu persatu.

Deskripsi

tag input adalah elemen html yang dirancang untuk mengambil input tertentu dari pengguna.

ada berbagai jenis elemen input yang dapat mengatur input data agar sesuai dengan format yang ditentukan dan memberikan keamanan untuk kata sandi.

Atribut input

komponen adalah sebuah kunci dari sistem web yang interaktif, beberapa atribut yang sering digunakan untuk membuat web yang interaktif.

AtributDetail
class:Menunjukkan Kelas input
id:Menunjukkan ID input
type:Mengidentifikasi jenis kontrol input untuk ditampilkan. Nilai yang dapat diterima adalah kata sandi, tanggal, waktu, nomor, rentang, warna, kotak centang, radio, file, Defaultnya teks jika tidak ditentukan tipe datanya, nilainya tidak valid jika browser tidak mendukung jenis yang ditentukan tipe datanya.
name:Menunjukkan nama input
disabled:Bernilai Boolean yang menunjukkan bahwa input harus dinonaktifkan. input yang dinonaktifkan tidak dapat diedit, tidak dapat diklik dan tidak dapat menerima fokus.
checked:Jika nilai atribut type adalah radio atau checkbox, keberadaan atribut Boolean ini menunjukkan bahwa kontrol dipilih secara default; jika tidak maka akan diabaikan.
multiple:HTML5 Menunjukkan beberapa file atau nilai dapat memasukkan lebih dari satu nilai dalam elemen input (Berlaku hanya untuk file dan input jenis email)
placeholder:Petunjuk bagi pengguna tentang apa yang dapat dimasukkan dalam input.
autocomplete:Menunjukkan apakah nilai kontrol dapat diselesaikan secara otomatis oleh browser.
readonly:Nilai Boolean yang menunjukkan bahwa input tidak dapat diedit. inputan hanya dapat dibaca tapi juga dikirim pada pengiriman form, inputan tidak akan menerima fokus. Atribut ini tidak ada gunanya jika nilai atribut type disetel ke hidden, range, color, checkbox, radio, file atau button.
required:Menunjukkan nilai harus di isi atau nilai harus diperiksa terlebih dahulu sebelum formulir dikirim.
autofocus:saat memuat halaman input mendapatkan fokus.
value:menentukan nilai pada elemen input
step:Atribut step menentukan interval nomor. bekerja dengan jenis masukan: angka, rentang, tanggal, datetime-local, bulan, waktu dan minggu.

suatu input sangat bervariasi tergantung pada nilai input type atributnya

mungkin kita akan sedikit sulit memahami maksud dari istilah atribut yang sudah dijelaskan secara singkat pada tabel diatas. jangan khawatir kita akan mempelajari di tutorial selanjutnya.

Fitur input

fitur input pada HTML5 sangat bermanfaat bagi banyak designer dan developer karena penambahan sejumlah jenis input form baru yang dapat digunakan.

Baca juga : membuat tabel html

pada versi html sebelumnya input hanya dibatasi dengan tipe teks saja dan menggunakan javascript untuk memfilter data yang valid dari berbagai jenis inputan yang masuk.

Penerapan input

input biasanya digunakan dalam elemen <form></form> untuk mendeklarasikan input pengguna memasukan data.

tetapi dengan javascript kita tidak perlu menggunakan form jika mengambil nilai langsung dari inputan.

input hanya elemen kosong yang hanya berisi atribut, untuk menentukan labelnya gunakan tag <label> pada html

Pencarian di thohirdev:

  • pengertian input html
  • mengenal tag input pada html
  • tipe input html

Tutorial Terbaru